Pengertian Tack Coat

Aspal merupakan bahan yang bersifat multifungsi. Ia sering digunakan dalam pembuatan jalan raya. Tidak hanya sebagai bahan utama dalam pembuatan jalan, aspal juga sering dipakai dalam pembuatan jalan di perumahan dan lapangan pesawat terbang. Bagaimana jalan raya dibuat? Komponen apa saja yang digunakan? Melalui artikel ini, kami jasa pengaspalan Jakarta ingin menjawab pertanyaan di atas secara ringkas dan padat.

Sebelum sampai pada pembahasan tentang Tack Coat, ada baiknya kita memahami istilah perkerasan jalan. Perkerasan jalan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pembuatan jalan raya. Pada umumnya, perkerasan jalan menggunakan bahan-bahan campuran sebagai lapisan permukaan. Di samping menggunakan bahan beraspal, perkerasan juga menggunakan bahan berbutir baik kasar maupun halus sebagai lapisan di bawahnya.

Apa yang dimaksud dengan Tack Coat?

Lapisan perekat atau dapat disebut juga dengan Tack Coat merupakan lapisan aspal cair yang diletakkan di atas lapisan beraspal atau lapisan beton. Lapisan perekat dapat berfungsi untuk memberikan daya ikat antara lapis lama dengan lapis baru. Tack Coat memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Memberikan daya ikat antara lapisan pondasi agregat dengan campuran aspal.
  2. Mencegah hilangnya butiran pondasi agregat ketika dilewati kendaraan apalagi kendaraan berat sebelum dilapisi dengan campuran aspal.
  3. Menjaga lapisan pondasi agregat dari perubahan cuaca yang tidak menentu khususnya pada saat hujan. Dengan demikian, air tidak masuk ke dalam lapisan pondasi agregat yang dapat menyebabkan kerusakan struktur jalan.

Bagaimana pengaplikasiannya di lapangan? 

Volume Tack Coat berkisar antara 0,15 sampai 0,50/m2. Jumlah ini lebih tipis daripada volume Prime CoatTack Coat terbuat dari aspal yang cepat menyerap atau aspal keras yang dicairkan dengan minyak tanah per 100 bagian aspal. Pengaplikasian lapisan perekat dilakukan setelah permukaan yang lama dibersihkan dengan menggunakan air compressor. Dengan demikian, tekstur perkerasan lama menjadi lebih bersih dan terlihat jelas.

Sebelum dilakukan penyemprotan, batas permukaan yang akan disemprot harus diukur dan ditandai terlebih dahulu. Pelaksanaan penyemprotan lapisan pengikat dan perekat dapat menggunakan alat khusus yang dinamakan aspal distributor. Aspal distributor adalah semacam truk yang dilengkapi dengan aspal, pompa, dan batang penyemprot. Pada umumnya, truk ini dilengkapi dengan pemanas untuk menjaga suhu permukaan aspal. Jika memungkinkan, pelaksanaan penyemprotan dapat juga menggunakan alat penyemprot tangan (hand sprayer). Hand sprayer biasa digunakan untuk area-area yang sulit dijangkau dengan aspal distributor. Agar memperoleh hasil yang optimal, sebaiknya pengerjaan dilakukan oleh tenaga terampil dan memiliki pengalaman di bidangnya.