PERBANDINGAN KUSEN BETON DENGAN KUSEN ALUMINIUM

Kusen beton merupakan salah satu yang bisa jadi pilihan untuk bangunan jika kusen dari kayu dan kusen dari aluminium tidak tersedia atapun harganya terlalu mahal. Beton sendiri tergolong bahan baru unuk bangunan, dulunya bangunan biasanya menggunakan tumpukan batu bata yang dilapisi “baras”.

Baras adalah bahan yang dipakai sebagai pelekat batu bata sebelum adanya semen. Sekarang sudah ada semen, maka baras sudah berkurang penggunaannya, bahkan mungkin semua pembangunan sudah beralih ke semen untuk bahan pelekat batu bata.

Secara khusus disini akan membandingkan antara kusen  beton dan kusen aluminium.


  • Kekuatan kusen beton cukup kokoh, jika dibanding dengan aluminium, mungkin kusen beton sedikit lebih kuat. Biasanya kusen aluminium tipis, sedangkan kusen dari beton sangat tebal. Meskipun kusen beton jauh lebih kuat dibanding kusen aluminium, perbedaannya sangt kecil, bahan aluminium juga tergolong bahan yang kuat.

  • Harga kusen aluminium bisa lebih mahal dari kusen beton standar, dan jika ingin kwalitas dari aluminium bagus, bisa memilih tentunya dengan harga yang lebih mahal, ketebalan bahannya juga berpengaruh. Sedangkan kusen jendela dari beton harganya tidak akan banyak berbeda, mungkin berbedapun cuma sedikit yang disebabkan kwalitas campuran bahan antara semen dan jenis pasir, yang tidak begitu signifikan dibanding bahan dari kusen aluminium.

  • Bobot kusen dari beton lebih berat ketimbang dari bahan aluminium, tapi kusen jendela aluminium termasuk kategori tengahan kalau dibanding semua jenis kusen. Untuk bobot pertama kusen dari beton, kedua dari aluminium, ketiga gari kayu. Kusen yang lebih ringan tentunya bisa lebih gampang untuk dipasang, tapi meskipun rada berat toh dalam memasang kusen juga tidak sendirian, jadi itu tidak masalah.

Mana yang lebih baik?

Yang lebih baik tergantung kebutuhan anda akan kusen, seuaikan kebutuhan kusen anda dan kenali masing masing jenis kusen. Itu adalah terbaik untuk memilih mana yang sesuai. Misalkan kebutuhan untuk kamar yang aman, makan kusen beton dan aluminium bisa jadi pilihan. Tapi kalau pingin kamar dengan kusen yang bagus bisa menggunakan kusen kayu dengan ukiran yang menarik. Untuk informasi tentang kusen kayu bisa anda cari di berbagai sumber online, karena tidak saya bahas di postingan ini.