Tata Cara dan Persyaratan dan Biaya Pendaftaran Haji

Haji termasuk dalam rukun Islam, dan yang sangat diminati oleh umat islam. Karena, tidak semua orang mampu melaksanakannya hal ini disebabkan karena ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik dan  materi. Mengingat banyak yang ingin berhaji, mari simak dahulu cara daftar haji , berikut:

Persyaratan Pendaftaran Haji yang Wajib Diketahui

Bagi negara Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim, ibadah haji begitu dinantikan. Karena keberangkatan dan proses mendaftar yang memerlukan waktu panjang. Maka kita mesti bersabar dan mengantri dengan jamaah lainnya dari berbagai kota. Haji reguler  ini dipantiai oleh pihak Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Haji reguler maupun haji plus, syarat utamanya sama, yaitu membuka tabungan lebih dulu.

Ada dua syarat utama yang diperlukan, yaitu mendaftar dan menabung. Untuk berhaji, kita memang harus sabar mengantri giliran, sambil menunggu, kita dapat mengumpulkan uang untuk menanggung biaya naik haji. Tentu saja berangkat ke tanah suci, kita harus mengantri, beda dengan umroh yang dapat dilaksanakan kapan saja. Berapa biayanya? untuk biaya haji, Kemenag menyarankan kepada para calon jamaah untuk menabung minimal 32 juta rupiah. Untuk mengetahui rincian syarat yang perlu dipenuhi, berikut tata caranya dan persyaratan pendaftaran haji:

1 beragama Islam

2  usia minimal dua belas tahun ketika mendaftar

3 KTP sesuai domisili atau bisa juga bukti identitas sah lainnya

4  Kartu Keluarga

5  akta kelahiran atau ijazah atau akta nikah

6 tabungan di BPS BPIH atas nama calon jamaah haji

7 pas foto ukuran 3×4, ketentuan fotonya yaitu foto berwarna dengan background putih,  adapun warna baju atau krudung wajib kontras dan tidak boleh menggunakan baju kerja / dinas, lalu untuk jamaah wanita tidak diperbolehkan menggunakan kacamata dan mesti memperlihatkan wajah 80%

Setelah memenuhi syarat di atas sudah Anda lengkapi, silahkan serahkan berkas ke pihak bank. Nanti pihak bank akan melakukan kroscek dan verifikasi berkas yang Anda kumpulkan. Apabila berkasnya telah lolos, Anda akan mendapatkan lembar validasi dari bank sebanyak empat lembar, surat pernyataan bermaterai 1 lembar, surat kuasa dari bank, dan slip setoran awal.

Setelah semuanya terpenuhi, dan Anda telah mendapatkan berkas dari bank, silahkan bawa bukti berkas tersebut ke kantor Kemenag. Tak perlu pergi ke kantor Kemenag pusat, Anda hanya perlu menyambangi kantor Kemenag sesuai domisili Anda atau alamat sesuai di KTP. Saat di kantor Kementerian Agama nanti Anda akan menandatangani banyak berkas. Hal tersebut untuk kebutuhan administrasi sebelum berangkat agar dapat selesai semua, termasuk juga surat pendaftaran pergi haji yang biasa disebut SPPH. Selain itu Anda juga dimintai sidik jari dan foto untuk kebutuhan SPPH. Bila semua kriteria dan alur di Kemenag selesai dilakukan, Kamu akan mendapat  nomor antrian dan akan diminta untuk mengeceknya melalui website Kemenag.

Selain hal-hal di atas, masih ada sejumlah hal lain yang penting untuk Kamu ketahui. Ketetapan baru menyampaikan bahwa buat mereka yang telah pernah melaksanakan ibadah haji, maka bila akan melakukan pendaftaran mereka harus menanti hingga 10 tahun lagi. Aturan ini diberikan tentu sebab masih banyak antrian calon jamaah yang belum berkesempatan berangkat haji. Bahkan saat sesudah 10 tahun mendaftar, mereka tidak dapat segera berangkat. Masih ada waktu antri berkisar 10 tahun lagi untuk dapat kembali berangkat haji. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi muhrim. Bila suami berangkat haji tahun ini dan istrinya mendaftar tahun selanjutnya, maka suami bisa ikut mendaftar tanpa harus menanti 10 tahun kemudian.

Nah, demikianlah tadi beberapa tata cara dan kriteria pendaftaran haji yang sangat penting untuk Kamu ketahui. Jadi bila akan melakukan pendaftaran, Kamu bisa mempersiapkan semuanya dengan bagus. Termasuk apa-apa yang dibutuhkan sebagai syarat administrasi sebelum berangkat, dan jangan sampai lupa untuk terus melakukan pengecekan jadwal keberangkatan haji KamuBila Kamu berniat mendaftar haji, mudah-mudahan segala urusannya dilancarkan ya. Mudah-mudahan juga, artikel ini bisa berguna untuk Kamu yang sedang mencari tahu syarat apa saja yang mesti disiapkan untuk mendaftar ibadah haji di Mekkah.

Jika Anda tidak ingin menunggu antrian haji yang terlalu lama, Anda bisa mendaftar program haji khusus yang tersedia pada travel umroh-haji resmi terdaftar dan memiliki izin dari kemenag, adapun untuk biaya haji khusus silahkan Anda konsultasikan langsung melalui travel tersebut.